Apa yang terjadi dan apa yang terpikirkan

26/12/15

Info dan Tips Cara Mendapatkan Beasiswa DataPrint; Angin Segar bagi Pelajar dan Mahasiswa


Kalau kamu, mahasiswa S1 yang susah payah mendapatkan beasiswa PPA/BBM di kampusmu, namun tak kunjung terpilih. Sementara beasiswa – beasiswa bersponsor lainnya tidak bekerja sama dengan kampusmu. Maka janganlah berputus asa dan berharap – harap cemas dengan beasiswa satu - satunya itu. Kamu harus giat mencari info beasiswa on-going dari luar yang sama sekali tidak terikat dengan kampus tertentu. 

Disini saya akan berbagi info tentang beasiswa DataPrint. Pernah mendengar beasiswa DataPrint? Kalau belum, coba deh buka websitenya beasiswadataprint.com. Sebelumnya saya beri tahu dulu kalau DataPrint itu adalah merk dagang dari tinta printer, kertas cetak photo dan produk apapun yang berhubungan dengan cetak mencetak dengan printer (akrab kali lah dengan kehidupan mahasiswa). 

Beberapa Kotak Tinta DataPrint yang Saya Koleksi

Nah, di dalam kotak produk DataPrint ini, ada kupon beasiswa yang berisi kode registrasi. Kode inilah yang bisa kita pakai sebagai syarat mengajukan beasiswa. Perlu dicatat, kita tidak perlu Surat Keterangan dari Lurah (saya benci sekali mengurus surat ini. Selesainya lama, salah pula datanya). Kita hanya butuh kupon berisi kode registrasi tadi. Simpanlah baik – baik kupon kode tersebut, jangan sampai hilang karena kalau kita terpilih, kita harus menunjukkan kupon asli tersebut.
Beasiswa ini sangat kompetitif. Kuotanya hanya 250 orang per priode yang terdiri dari siswa SMP, SMA maupun mahasiswa D3/S1 se-Indonesia. Saya sudah tiga kali mendapatkan beasiswa ini. Pertama kali ketika saya semester 2, tahun 2012 periode I, saya mendapat 250 ribu. Lalu di tahun 2013 periode I, saya mendapat 1 juta dan tahun 2015 ini periode I, saya mendapat 1 juta lagi. Oleh karena itu, saya tidak sewot kalau saya tidak dapat beasiswa dari kampus karena dengan beasiswa DataPrint ini saya bisa membeli diktat – diktat dan bayar fotocopian selama kuliah. Namun, tahun depan saya tidak bisa ikut lagi karena sudah tamat S1 (hahaha, mudah – mudahan ada kesempatan lain).

Seperti beasiswa pada umumnya, beasiswa DataPrint meminta kita membuat essay sesuai tema yang mereka tentukan. Essay inilah kunci memperoleh beasiswa. Setelah saya analisis isi essay saya dari setiap periode, ternyata ada perbedaan yang sangat menonjol dari ketiganya. Essay yang memberikan saya beasiswa 250 ribu hanya berisi OPINI murni saya tanpa daftar pustaka ataupun kutipan yang mendukung. Saya seperti berkeluh kesah saja dalam essay itu.

Sedangkan essay yang memberi saya 1 juta, lebih komplit. Ada kutipan, ada teori, ada analisis saya sendiri dan pasti ada daftar pustakanya. Nah, isinya juga lebih mumpuni. Tema yang luas saya persempit hingga sempit sekali dan sangat dekat dengan kehidupan real, plus bisa diimplementasikan. Jadi bukan kritik kosong. Untuk mendapatkan beasiswa, saya juga menunjukkan keseriusan dengan ikut menyebar luaskan info beasiswa ini karena merupakan salah satu nilai tambah. Saya menginfokannya di blog lama saya, dysini.blogspot.com. Saya buat se-kreatif mungkin dan jangan lupa LINK ke website DataPrint. Selain itu, kirimlah lebih cepat, jangan sehari sebelum deadline, apalagi sejam sebelum deadline. Kita harus waspada terhadap error yang bisa saja tiba – tiba terjadi pada website tersebut. Yang terakhir, ikhlaskan saja. Saya selalu percaya, sehebat apapun usaha kita untuk mendapatkan suatu hal, kalau Allah SWT tidak menghendakinya, maka tidak akan menjadi milik kita. Berdoalah. Good Luck. 

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My Badge

Establishing Academic Writing Centers 2020

Awarded: Jan 4, 2021

VERIFY

About Me

Saya adalah alumnus Universitas Negeri Medan (S1) dan Universitas Negeri Malang (S2) jurusan Pendidikan Biologi. Hobi menulis fiksi, volunteering dan travelling. Instagram : @dyah_kusuma07

Popular Posts

-

-

Cari Blog Ini

Copyright © Hari Ini | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com