Apa yang terjadi dan apa yang terpikirkan

28/12/15

Diary of Wimpy Kids (terjemahan Indonesia); Serial untuk Semua Usia



Meskipun berbentuk diary, serial Diary of Wimpy Kids karya Jeff Kinney ini sama sekali tidak membosankan. Ceritanya sangat dinamis dan menghibur. Saya tertarik untuk menerjemahkan salah satunya yang berjudul Diary of Wimpy Kids: The Third Wheel. Saya mendapatkan ebook Diary of Wimpy Kids berbahasa Inggris dari website (saya lupa nama websitenya). Terjemahannya akan saya posting bertahap setiap hari. Selamat membaca.



January
Minggu
Aku berharap mulai menulis catatan harian lebih awal karena siapapun yang menulis bografiku nanti akan memiliki banyak pertanyaan tentang hidupku di tahun – tahun sekolah menengah.
Untungnya, aku ingat hampir semua yang terjadi padaku sejak lahir. Kenyataannya, aku bahkan mengingat hal – hal yang terjadi padaku sebelum aku lahir.
Pada hari itu, aku hanya berenang dalam kegelapan, membalik badan dan tidur siang kapanpun aku mau. 
 Kemudian suatu hari ketika aku sedang ditengah tidur siang yang sangat nyenyak, aku tersentak oleh suara aneh yang berasal dari luar. 


Untuk beberapa saat aku tidak tahu gangguan apa yang sedang kudengarkan itu. Tapi kemudian aku mengetahui bahwa itu adalah musik lengkingan Mom melalui pengeras suara yang diletakkan di perutnya.  

Aku menebak kalau Mom berpikir jika dia memainkan musik klasik untukku setiap hari sebelum aku lahir, maka itu akan membuatku menjadi anak yang jenius.
Pengeras suara itu dilengkapi mikrofon dan ketika Mom tidak memutarkan musik, dia memberitahuku segala hal yang terjadi di hidupnya. 

Dan ketika Dad pulang ke rumah setelah bekerja, Mom akan menyuruhnya untuk memberi tahuku musibah demi musibah yang terjadi padanya hari ini. 

Tetapi itu tidak juga berakhir. Setiap malam, Mom akan membaca untukku selama setengah jam sebelum dia tidur.

Masalahnya adalah, jadwal tidurku tidak sama seperti Mom. Jadi ketika dia tidur, aku akan terjaga dengan mata yang terbuka lebar. 

Sebenarnya aku berharap aku memperhatikan Mom ketika dia membaca untukku tadi.
Minggu lalu di Sekolah, kami mendapat kuis populer di sebuah buku dan aku belum membacanya. Aku cukup yakin Mom membacakan hal itu untukku sebelum aku lahir , tapi aku tidak bisa mengingat detailnya. 

Aku menduga di minggu ketika Mom mebacakan buku itu, aku sedang sibuk melakukan hal lain. 

Hal  gilanya adalah, Mom tidak membutuhkan mikrofon agar aku bisa mendengarnya.
Maksudku, aku didalam perutnya, jadi aku akan mendengar setiap kata yang dikatakannya, mau tidak mau. 

Aku juga bisa mendengar segalanya yang terjadi diluar sana. Jadi ketika Mom dan Dad menjadi sentimental, aku harus mendengarnya juga. 

Aku benar – benar tidak pernah merasa nyaman ketika orang – orang menunjukkan kasih-sayang di sekitarku, khususnya orang tuaku. Aku ingin menghentikan mereka, tapi mereka tidak mengerti maksudku. 


Pada akhirnya, semua yang kulakukan justru membuatnya semakin buruk. 


Setelah beberapa bulan hidup seperti ini, aku harus keluar, dan itulah alasan aku lahir tiga minggu lebih cepat. Tetapi setelah dihantam udara dingin dan cahaya menyilaukan di ruang melahirkan, aku berharap tidak keluar sama sekali. 

Seiring waktu aku lahir ke dunia, aku sangat kekurangan tidur dan memiliki mood yang sangat jelek. Jadi jika kau pernah melihat foto bayi, sekarang kau tahu mengapa mereka selalu kelihatan mengumpat. 

Kenyataannya, aku kehilangan waktu tidurku dan aku masih belum bisa menggantinya, dan percayalah, aku sudah mencobanya. 

Pernah ketika aku sudah lahir, aku mencoba untuk mencipta ulang perasaanku seperti dulu ketika aku mengapung dalam kegelapan, sebahagia yang kubisa. 

Tapi jika kau tinggal di rumah bersama empat orang lainnya, hal yang bodoh akan selalu terjadi dan mengganggumu. 

Aku bertemu abangku, Roderick, beberapa hari setelah kelahiranku. Pada mulanya aku berpikir aku adalah anak tunggal.  Jadi saat itu aku cukup kecewa mengetahui bahwa aku bukanlah anak tunggal. 

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My Badge

Establishing Academic Writing Centers 2020

Awarded: Jan 4, 2021

VERIFY

About Me

Saya adalah alumnus Universitas Negeri Medan (S1) dan Universitas Negeri Malang (S2) jurusan Pendidikan Biologi. Hobi menulis fiksi, volunteering dan travelling. Instagram : @dyah_kusuma07

Popular Posts

-

-

Cari Blog Ini

Copyright © Hari Ini | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com