Apa yang terjadi dan apa yang terpikirkan

05/01/16

Tips Menyusun Skripsi FMIPA Universitas Negeri Medan



Sekembalinya dari PPL dulu, saya bingung apa yang pertama sekali harus saya lakukan untuk menyelesaikan skripsi. Saya search di google tentang skripsi UNIMED, namun jarang sekali saya temukan tulisan yang membahas tentang pengalaman menyusun skripsi UNIMED. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman dengan adik – adik kelas sekalian yang sedang mengalami masa kebingungan.
Apa yang perlu dispersiapkan di awal proses ini:
KRS dan KHS semester 1 sampai terakhir
Kwitansi SPP semester terakhir
Nomor HP dosen pembimbing dan dosen penguji (percayalah, ini sangat penting)

Pertama: Dua sampai Tiga Minggu
Jumpai Dosen Pembimbing Skripsi
Sepulang PPL, langsung jumpai DPS. Bawa surat keterangan dari Jurusan yang berisi nama kita dan nama DPS kita.  Biasanya kertas itu rangkap 4. Jadi 1 untuk kita, 1 untuk Jurusan, 1 untuk Fakultas dan 1 untuk DPS. Surat itu harus ditanda tangani terlebih dahulu oleh DPS. Oleh karena itu jumpailah sesegera mungkin dan serahkan kertas itu ke Jurusan dan Fakultas. Jangan takut kalau belum ada judul yang bisa diajukan. Tanya saja ke DPS kita, beliau pasti membantu dalam memilihkan topik. Atau kita bisa melihat – lihat skripsi anak bimbingan beliau yang mana tahu bisa menginspirasi kita. Ingat, jangan menunda untuk menemuinya ya.
Hadiri Seminar Proposal
Sebelum perkuliahan semester tujuh dimulai, biasanya seminar proposal sudah dibuka. Bawa kartu seminar proposal -yang bisa dibeli di Audit- selama kita menghadiri seminar proposal. Ini sangat penting karena merupakan syarat untuk mengajukan seminar proposal nanti. Minimal kita sudah menghadiri 20 seminar proposal (banyak kali yah), tapi jangan khawatir, seiring waktu, dalam satu sesi akan ada lebih dari tiga orang yang seminar proposal, jadi dalam dua minggu, sudah bisa memenuhi target 20.
Buat Surat Izin Observasi ke Sekolah
Meskipun kita belum mendapat topik penelitian, kita bisa melihat – lihat dulu ke sekolah. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan buat untuk satu sekolah saja. Buatlah tiga sampai lima sekolah. Saya dulu buat lima sekolah dan satu persatu sekolah saya datangi. Apa yang kita lakukan disana? Nah, kita jumpai guru bidang studi yang sesuai dengan bidang studi kita. Tanya – tanya kesulitan siswa, mungkin ada kesulitan selama beliau mengajar atau yang lainnya. Siapkan lembar pertanyaannya di rumah ya. Kita harus tahu berapa jumlah siswa kelas a sampai z di sekolah itu, berapa jumlah guru bidang studi kita, apa saja fasilitas sekolah yang menunjang pembelajaran disana. Kenapa kita butuh data itu? Ya, data ini penting jika kita akhirnya memilih sekolah ini sebagai subject penelitian kita. Nantinya data ini akan kita tulis di bab III (Metode Penelitian).

Kedua: Dua Bulan
Tulis Outline Proposal
Ini saatnya menulis cikal bakal skripsi kita, yaitu proposal penelitian. Tulis setidaknya tiga judul yang ingin kita ajukan beserta deskripsinya, seperti topiknya, jenis penelitian kita, metodenya, subject penelitiannya dan jurnal yang menjadi pegangan penelitian kita.
Diskusikan Proposal Penelitian
Mari kita jumpai lagi DPS kita. Tunjukkan outline proposal kita dan simak baik – baik saran beliau. Mungkin beliau memiliki ide berbeda, tapi kita harus tetap menghormati pendapat beliau. Jika kita terpaksa melakukan observasi ke sekolah lain, maka lakukanlah. Jangan menyulitkan diri sendiri dengan membantah saran beliau. Ingatlah kalau DPS kita adalah orang yang akan membela kita saat seminar sampai sidang, jadi jangan sampai beliau acuh pada kita karena kita membangkang. Hormati dan turuti.
Daftar Seminar Proposal
Setelah proposal penelitian fix (revisi bertubi – tubi), maka saatnya kita mendaftar seminar proposal. Untuk syarat – syaratnya bisa dilihat di jurusan masing – masing ya.
Menyebar Undangan Seminar Proposal
Saatnya kita bertemu dengan Dosen Penguji (DP) kita. Printlah Proposal kita dengan sebaik – baiknya agar penguji bisa membaca dengan jelas. Apabila tidak memiliki uang banyak, foto copi sajalah, asalkan jelas. Tapi untuk halaman yang berwarna dan diagram, sebaiknya di print agar terbaca. Ingatlah untuk meminta tanda tangan DP kita di surat undangan setelah menyerahkan proposal.
Seminar Proposal
Ini saatnya tampil. Kuasai benar – benar penelitian kita, jangan sampai mempermalukan DPS. Datang lebih awal agar bisa beradaptasi dengan atmosfer ruangan dan bisa berlatih.
Revisi Proposal
Jika DP memiliki saran untuk proposal kita, maka ikutilah. Revisi proposal kita sesuai dengan yang diinginkan DP. Namun jika itu bertolak belakang dengan saran DPS kita, maka diskusikanlah terlebih dahulu saran DP ke DPS kita. Keputusan berada di tangan DPS. Jika DPS mengatakan tidak usah mengikuti saran DP, maka tetap kita temui DP tersebut dan sampaikan apa yang disarankan DPS kita dan tambahi dengan pendapat kita yang menguatkan penolakan tersebut. Setelah menunjukkan revisi proposal, mintalah tanda tangan setiap DP kita di selembar kertas (formatnya sesuai jurusan). Dokumen ini sangat penting untuk mengurus surat izin penelitian. Jangan sampai hilang!

Ketiga: Tiga Bulan
Penelitian
Urus surat izin penelitian kita dari Fakultas, lalu pergilah ke Dinas Pendidikan yang sesuai dengan sekolah tujuan kita. Serahkan izin penelitian dari Dinas Pendidikan itu ke pihak sekolah, sekaligus temui guru bidang studi kita. Oh ya, sebelumnya kalian harus sudah fix dengan sekolah ini ya, kadang – kadang ada sekolah yang tidak mengizinkan kita penelitian di sekolahnya. Lakukan sebaik – baiknya, jangan malu – maluin almamater.

Keempat: Satu Bulan
Tulis Skripsi
Dalam menulis skripsi yang kita perlukan adalah sebanyak – banyaknya jurnal dan buku pendukung agar tidak bingung. Kalau perlu, bacalah skripsi kakak kelas kita agar tahu strukturnya. Jangan takut menemui DPS. Walaupun baru selesai bab 4 separuh, langsung temui. Jika ada yang salah, langsung diperbaiki. Jadi kita fix kan sedikit demi sedikit. Dibandingkan revisi total, kita akan membutuhkan waktu lebih banyak. Buatlah target penyelesaian skripsi secepat mungkin. Kalau bisa lembur. Kenapa terburu – buru? Agar bebas uang kuliah. Kalau kita cepat selesai, kita bisa cepat mendaftar sidang dan bebas uang kuliah. Kan lumayan. Untuk jadwalnya bisa kita tanya ke jurusan.

Kelima: Satu Minggu
Daftar Sidang dan Menyebar Undangan Sidang
Selangkah lagi nih. Serahkan skripsi kita dengan kualitas prima, karena ini bukan seminar proposal, maka berilah yang terbaik agar DP menguji kita dengan senang hati. Jangan sampai ada halaman yang hilang atau lebih parah, terbalik saat dijilid. Tunjukkan profesionalitas kita sebagai calon sarjana.
Sidang
Wah, sidang coy! Akhirnya tiba juga saatnya sidang. Saran saya, tidurlah lebih awal dan bangun lebih awal pula agar rileks. Jangan takut, sidang tidak begitu mengerikan. Kita akan menemui DP yang sama dan ingat baik – baik pertanyaannya sewaktu seminar dulu. Bisa jadi mereka mengulang pertanyaan yang sama.

Keenam: Dua Minggu
Revisi Skripsi
Sama seperti revisi proposal, tahapnya persis sama ya.. Yuk dibaca lagi..

Ketujuh: Dua Minggu
Jilid Skripsi
Setelah selesai revisi dan fix, ayo jilid skripsi. Cek dan ricek dulu ke tempat jilidnya, biar enggak ketipu. Pastikan kualitasnya juga.
Minta Tanda Tangan Ketua Jurusan dan Dekan
Setelah dijilid, bawalah skripsi kita itu ke Ketua Jurusan, tanda tangani, lalu ke Dekan. Saran saya, datanglah pagi – pagi, jadi kita bisa mengantri lebih awal.
Bebas Perpus dan Lab
Sembari menjilid, mari kita urus surat bebas perpus ya. Ini penting untuk naik berkas nanti. Agar enggak keteteran, lakukan lebih dulu bebas perpus MIPA, lalu bebas Lab. Setelah Skripsi kita selesai dijilid (plus ditanda tangani) dan soft copynya dimasukkan ke CD, maka uruslah bebas perpus DIGILAB.
Sebar Skripsi
Nanti ada surat tanda penyerahan skripsi yang harus ditanda tangani Ketua Jurusan, DPS, DP dan Sekolah tempat penelitian. Yang paling penting untuk naik berkas adalah tanda tangan Jurusan dan Sekolah tempat penelitian (ini ada surat balasan dari sekolah).
Foto Kartini
Ya, kita harus membuat pas photo dengan baju kebaya ala kartini. Foto ini akan ditempel di ijazah kita kelak, jadi berposelah sebaik – baiknya.
Naik Berkas ke BAAK
Naik berkas artinya skripsi kita beserta dokumen lainnya didata di baak.

Kedelapan
Tes TOEFL dan ICT
Setelah naik berkas, kita sudah bisa tes toefl dan ict. Untuk jadwalnya bisa dilihat di web unimed.

Kesembilan
Yudisium dan Wisuda
Selamat ^_^

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My Badge

Establishing Academic Writing Centers 2020

Awarded: Jan 4, 2021

VERIFY

About Me

Saya adalah alumnus Universitas Negeri Medan (S1) dan Universitas Negeri Malang (S2) jurusan Pendidikan Biologi. Hobi menulis fiksi, volunteering dan travelling. Instagram : @dyah_kusuma07

Popular Posts

-

-

Cari Blog Ini

Copyright © Hari Ini | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com