Apa yang terjadi dan apa yang terpikirkan

Read More

Welcome to My Blog, Whats New

Knowledge is a life and a cure - Imam Ali

Dan apa saja yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya? Surat Al-Qashash Ayat 60

25/11/20

Kata Guru Saya


Selamat hari guru untuk para guru di seluruh Indonesia. Saya sangat mengapresiasi peran guru, bukan hanya sebagai pengantar ilmu di sekolah, namun juga keterlibatannya dalam pembentukan karakter siswa sehari – hari. Delapan belas tahun menjadi siswa, sejak SD sampai Pascasarjana, saya sangat merasakan besarnya pengaruh seorang guru terhadap kehidupan saya. Saya masih menerapkan nasihat baik dari guru – guru saya hingga saat ini.

Tetap Optimis

“Yakinlah, Bu. Anak Ibu adalah permata. Dimanapun dia berada, dia akan tetap bersinar dan dicari orang.” Begitulah kata Bu Panjaitan, Wali Kelas saya di kelas VIII SMP kepada Ibu. Saat itu, saya sudah lulus dari SMP, namun nilai UN saya tidak sehebat nilai teman – teman, padahal sejak kelas VII saya selalu berada di ranking teratas di kelas. Ibu berkonsultasi dengan Bu Panjaitan untuk memilih sekolah SMA yang memungkinkan untuk nilai saya. Seperti yang kita tahu, nilai UN pada zaman itu adalah penentu untuk masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Jika nilainya rendah, maka kita harus say good bye pada sekolah negeri yang populer dan berkualitas. Mendengar kata – kata Bu Panjaitan, Ibu menjadi lega dan yakin bahwa saya pasti sukses dimanapun saya sekolah kelak. Begitulah, meskipun nilai UN rendah, saya tetap optimis mendaftarkan diri di sekolah negeri yang populer dan bersaing melalui tes masuk. Alhamdulillah, saya lolos dan akhirnya bersekolah di sekolah tersebut.

Melapangkan Majelis, Maka Hidupmu Akan Lapang

Guru agama Islam saya yang akrab dipanggil Ummi, pernah menasehati untuk melapangkan majelis. Beliau mencontohkan tentang kasus beliau yang menggeser posisi duduk di angkot demi memberikan ruang untuk penumpang lain. Beliau menceritakan bahwa kebaikan, walaupun nilainya kecil di mata manusia, tetap berarti di mata Allah. Saat orang lain merasa bersyukur karena tindakan baik kita, maka Allah akan memberikan pertolongan lebih daripada yang pernah kita berikan kepada orang itu. Beliau sangat bersyukur karena bisa menjadi pegawai negeri sipil, meskipun dulu dianggap sebagai siswa yang biasa saja. Ya, memang biasa saja di mata manusia, namun sifat baik beliau mungkin lebih dari biasa di mata Allah, sehingga Allah memberinya kemudahan dalam kehidupannya.  

Menyumbang Banyak, Menerima Lebih Banyak Lagi

Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia saya pernah bercerita bahwa beliau ingin sekali tour ke Eropa, namun uang tabungan beliau belum mencukupi, meskipun sudah ditabung bertahun – tahun. Suatu kali, beliau menyumbangkan uangnya (saya lupa untuk apa), lalu tanpa diduga beliau justru lulus hibah BIPA untuk mengajar di negara – negara Eropa. Tidak tanggung – tanggung, hibah tersebut bahkan cukup untuk mengajak istrinya juga ke Eropa.  Saya semakin yakin bahwa Allah memang memberikan rezeki dari yang tak disangka – sangka. Kuncinya adalah rajin bersedekah dan ikhtiar.

Itulah beberapa nasihat baik guru – guru saya. Sebenarnya setiap guru mengajarkan nilai – nilai kebaikan untuk kehidupan siswanya, namun saya hanya mampu mengingat dan menerapkan beberapa diantaranya. Terima kasih guru, semoga para guru diberikan kesehatan, kelapangan rezeki dan kemudahan dunia dan akhirat.

Read More

19/11/20

Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android “Finding Virus”; Juara III Lomba Tingkat Nasional Desain Pembelajaran Media Android



Masa pembelajaran jarak jauh dapat membuat siswa jenuh. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas guru dalam menciptakan beragam media pembelajaran yang dapat memacu semangat siswa untuk belajar mandiri. Salah satu media pembelajaran yang menarik adalah media android. Bagi guru, ini adalah sebuah tantangan baru untuk mengembangkan kemampuan literasi digital. Guru dapat belajar mendesain media tersebut melalui bimbingan teknis ataupun workshop yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran, khususnya berbasis android. Pada bulan Juli 2020 lalu, saya berkesempatan mengikuti lomba tingkat nasional pembuatan media pembelajaran android yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Enrekang. Alhamdulillah, saya memperoleh juara III dengan media pembelajaran yang berjudul Finding Virus.

Media pembelajaran ini dikembangkan dengan aplikasi Smart Apps Creator versi 3. Topik pembelajaran yang saya angkat dalam media ini adalah jenis – jenis virus yang menginfeksi manusia. Sejak kemunculan virus Corona, siswa akan semakin waspada dan mengenal bahwa keberadaan virus dapat memicu gangguan kesehatan. Oleh karena itu, saya mendesain materi pembelajaran mengenai: 1) pengenalan singkat virus dan strukturnya, 2) jenis – jenis virus yang menginfeksi manusia; Corona virus, Adenovirus, Flavivirus, Hepatitis B virus, Filovirus, Retrovirus HIV, Rhabdovirus dan Variola virus, 3) Game sederhana yang berkaitan dengan symptoms virus dan menemukan virus yang tersembunyi. Media pembelajaran android ini didesain dengan dua bahasa (bilingual/ Indonesia-Inggris) untuk siswa jenjang sekolah menengah.

Hal penting yang ingin saya ajarkan kepada siswa melalui media ini adalah ragam bentuk virus, struktur umumnya dan symptoms infeksi virus. Pada buku pelajaran, siswa hanya mempelajari virus T yang menginfeksi tumbuhan tembakau. Padahal, terdapat beragam bentuk virus. Contohnya Filovirus yang menyebabkan ebola, berbentuk seperti cacing. Variola virus yang menyebabkan penyakit cacar, berbentuk lonjong. 

Animasi Filovirus Penyebab Ebola
 
Animasi Variola virus Penyebab Cacar Air


Selain itu, saya ingin mengajarkan konsep bahwa struktur tubuh virus tidak terlalu kompleks, yaitu hanya terdiri dari genetic material (RNA/DNA), Capsid dan Envelope. Selain itu, terdapat pula video singkat tentang virus yang ada di dunia. Setelah mempelajari materi tersebut, siswa dapat menguji pengetahuannya sendiri dengan tiga level game yang tersedia. Masing – masing game memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dari segi waktu (timer) dan ketelitian. Saya berharap agar media pembelajaran ini dapat bermanfaat sebagai referensi dan menambah pengetahuan bagi guru dan siswa.

Link untuk mendownload aplikasi media pembelajaran “Finding Virus

Berikut ini adalah cuplikan media pembelajaran berbasis android yang saya desain








Read More

07/10/20

Wakelet; Aplikasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring

 

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri, pandemi dan karantina ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan kita dalam pemanfaatan teknologi. Sebelumnya kita hanya mengetahui dan menggunakan beberapa jenis aplikasi yang umum sebagai sarana komunikasi maupun media pembelajaran, namun sejak adanya peraturan WFH dan larangan membuat keramaian, kita justru akrab dengan aplikasi – aplikasi yang merupakan hal baru bagi kita.

Read More

14/05/20

Q & A about Kidney (Part 2)


Q: Why kidney is expensive?
A:  According to organization of American Kidney Fund, nearly 100,000 people are on the waiting list for a kidney transplant. Many more people are waiting for a kidney than for all other organs combined. Unfortunately, the number of people waiting for kidneys is much larger than the number of available kidneys from living and deceased donors. So, just like economy balance, if the demand is larger than supply, the cost of product will increase. Thats why the kidney cost is expensive.

Q: Why does our urine bleeding if our kidney damage?
A: Kidney function in filtering blood from waste product. These blood enter to kidney through artery, we called it by renal artery. If our kidney damage, the blood will not be well filtered and thus we find the blood in our urine.


Q : What causes kidney stone?
A: Firstly, we have to know what the kidney stone is. Kidney stones or renal calculi is condition of urine that contains more crystal of calcium, oxalate and uric acid than the fluid. There are many factors causes kidney stone. 1) Dietary factors, high doses of vitamin D, intestinal bypass surgery and several metabolic disorders can increase the concentration of calcium or oxalate in urine. 2) infection in urinary tract, 3) lose too much fluid because of chronic diarrhea or malabsorption.



Q: How did the kidney work if there is just 1 kidney, did they work as same as the kidney was complete?
A: Yes it is. One kidney can filter enough blood to keep our body functioning normally. This is why we can survive and be healthy with only one kidney. But there is also risk. If we have two kidneys, we will be safetier than have only one. Because if someday, one of our kidney is damage, we still have another to compensate.



Q: What is the function of renal pyramid?
A: Renal pyramid contain nephrons which are function in filtration process.

Q: what are the diseases that can attack the renal pelvis?
A: It is Pyelonephritis. Pyelonephritis is  infection and inflammation of the kidney tissue and the renal pelvis (the cavity formed by the expansion of the upper end of the ureter, the tube that conveys urine to the bladder). The infection is usually bacterial.



Kidney Check

Are you ready for the final exam? Lets check


  1. A layer of tissue that are located deeper within the renal pyramids of the medulla is called..

  2. Renal Calyx
    Renal Pelvis
    Renal Cortex
    Renal Medulla

  3. Inner region of the kidney is called..

  4. Renal Pelvis
    Renal Calyx
    Renal Cortex
    Renal Medulla

  5. Concave part of the bean-shape where blood vessels and nerves enter and exit the kidney is called.

  6. Nephrons
    Hilum
    Renal Cortex
    Ureter

  7. Renal pyramid is part of

  8. Renal Pelvis
    Renal Medulla
    Renal Calyx
    Renal Cortex

  9. ... is filtering units that located in renal pyramid

  10. Blood vessels
    Nephrons
    Ureter
    Nerve fiber




Read More

12/05/20

Seminar Dampak Covid-19 pada Pendidikan Nasional


Dampak COVID-19 Pada Pendidikan Nasional dan Strategi KEMENDIKBUD Serta Pemodelan di Negara Lain, 12 Mei 2020


Seminar online ini diadakan oleh Kopertip Indonesia, menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Bapak Mentri Nadiem Makarim (Diwakilkan oleh Bapak Dirjen Dikti, Prof.Nizam); Ibu Anggota Komisi X DPR RI,  Ledia Hanifa Amalia; Bapak Koordinator SEAMEO Center Indonesia, Gatot Hari Priowirjanto dan Bapak Kaprodi DKV-FSRD ITB, Intan Rizky Mutiaz. Pembahasan seminar, sesuai dengan judulnya, fokus pada “apa dan bagaimana”pendidikan berperan dalam masa pandemi COVID-19.
Pembelajaran online memang menjadi tantangan di masa seperti ini. Kendalanya bukan hanya ketidak merataan jangkauan sinyal internet di remote area, namun juga kemampuan pendidik dalam menyediakan bahan ajar dan metode mengajar yang sesuai dengan konsep ‘merdeka belajar’ala mas mentri. Berkaitan dengan hal ini, KEMDIKBUD telah melakukan sejumlah langkah strategis (Gambar 1).

Gambar 1

Hal menarik dari langkah strategis ini adalah penerapan kampus merdeka, khususnya poin tentang “mahasiswa berhak belajar diluar prodi” telah tampak nyata.  Ini dapat dilihat dari langkah strategis nomor 5 dan 6, yaitu mahasiswa terlibat dalam kegiatan kesuka relawanan dan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembuatan alat medis. Faktanya, mahasiswa Indonesia mampu menciptakan alat bantu medis dalam waktu yang singkat dan mendesak (Gambar 2). Kegiatan ini dihargai sejumlah sks mata kuliah yang sesuai.  

Gambar 2

Selain itu, pembelajaran masa pandemi juga menghasilkan kesadaran, baik pendidik maupun peserta didik dalam memanfaatkan teknologi. SEAMEO, sebagai lembaga pembelajaran jarak jauh, telah berusaha memperkenalkan metode belajar daring sebelum adanya pandemi, namun tidak memperoleh respon maksimal. Setelah pandemi, justru mengalami peningkatan.
Namun tentu saja, pembelajaran daring dari jarak jauh ini bukan sesuatu hal yang mudah. Daring bukan berarti memindahkan materi menjadi bentuk Power Point ataupun modul yang dishare saja, ataupun memindahkan aktivitas tanya jawab menjadi chatting saja. Pak Prof. Nizam menjelaskan bahwa pembelajaran daring yang sesungguhnya membutuhkan banyak resources. Seperti, modul yang disediakan harus dibuat singkat (materinya dibagi- bagi) agar pembaca atau peserta didik tidak lelah dengan cakupan materi yang banyak, juga dibutuhkan  adanya assesmen yang jelas pengukurannya dan tercantum dalam rencana pembelajaran, hasil dari assesmen ini adalah feedback dalam bentuk tertulis sehingga dapat dipahami. Mentor atau tutor juga harus stand by 24 jam dalam 7 hari seminggu untuk memberikan pengajaran, baik menjawab pertanyaan maupun diskusi. Sehingga pembelajaran daring ini bisa mencapai tujuan pembelajaran.

Apakah pasca Covid-19, pembelajaran daring akan dilanjutkan?
Berdasarkan survey yang dilakukan KEMENDIKBUD, pembelajaran fisik masih jauh lebih baik daripada sistem daring. Oleh karena itu, pembelajaran bisa saja dilakukan secara blended learning atau mengkombinasikan antara pembelajaran fisik (tatap muka) dan daring.


Read More

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My Badge

Establishing Academic Writing Centers 2020

Awarded: Jan 4, 2021

VERIFY

About Me

Saya adalah alumnus Universitas Negeri Medan (S1) dan Universitas Negeri Malang (S2) jurusan Pendidikan Biologi. Hobi menulis fiksi, volunteering dan travelling. Instagram : @dyah_kusuma07

Popular Posts

-

-

Cari Blog Ini

Copyright © Hari Ini | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com