Apa yang terjadi dan apa yang terpikirkan

07/10/20

Wakelet; Aplikasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring

 

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri, pandemi dan karantina ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan kita dalam pemanfaatan teknologi. Sebelumnya kita hanya mengetahui dan menggunakan beberapa jenis aplikasi yang umum sebagai sarana komunikasi maupun media pembelajaran, namun sejak adanya peraturan WFH dan larangan membuat keramaian, kita justru akrab dengan aplikasi – aplikasi yang merupakan hal baru bagi kita.

Selain itu, banyak webinar gratis yang ditawarkan oleh komunitas maupun lembaga pemerintah untuk menunjang keterampilan kita dalam menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu webinar yang saya ikuti adalah International Webinar; Wakelet for 21st Century Learning yang diadakan oleh komunitas belajar guru, Sultra Cerdas pada Kamis, 17 September 2020. Webinar ini memperkenalkan aplikasi Wakelet. Aplikasi Wakelet adalah aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk menyimpan link yang di bookmark, serta menyimpan foto, video dan note yang dapat dibagikan kepada pengguna lain ataupun digunakan secara bersama – sama. Wakelet dapat digunakan di smartphone dan laptop. Aplikasi ini sangat menarik karena kita dapat menyimpan link dalam satu halaman muka seperti instagram dan akun media sosial.

Tampilan Profil di Wakelet
Tampilan Profil di Wakelet 

Kita mungkin kesulitan mengingat sumber bacaan dari internet, apalagi jika dalam jumlah yang banyak. Selama ini saya memanfaatkan tools bookmark pada google untuk menyimpan link sumber bacaan saya, namun ketika ingin membaca ulang, saya kesulitan mengigat link yang mengarahkan ke sumber bacaan tersebut. 
Bookmark yang Tersimpan pada Google

Dengan Wakelet, saya menjadi lebih mudah karena bentuk link menjadi seperti postingan di instagram yang memiliki gambar dan judul bacaan. Ketika di klik, maka akan langsung mengarahkan ke sumber bacaan yang tersimpan. Selain itu, profil pengguna akun Wakelet dapat dilihat dan difollow oleh pengguna lain, sehingga memudahkan pertukaran informasi. Aplikasi ini sangat bagus dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh. Jadi guru tidak harus repot mencopy satu pertsatu link pelajaran, lalu mengirimkannya lewat whatsapp atau telegram, dengan Wakelet, guru bisa langsung mengirimkan profil akunnya dan siswa dapat melihat beberapa link sudah tersedia di akun guru tersebut. Wakelet dapat diunduh secara gratis di www.wakelet.com


Link yang dibookmark dan disimpan pada Wakelet




0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My Badge

Establishing Academic Writing Centers 2020

Awarded: Jan 4, 2021

VERIFY

About Me

Saya adalah alumnus Universitas Negeri Medan (S1) dan Universitas Negeri Malang (S2) jurusan Pendidikan Biologi. Hobi menulis fiksi, volunteering dan travelling. Instagram : @dyah_kusuma07

Popular Posts

-

-

Cari Blog Ini

Copyright © Hari Ini | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com